OPINI

AIR TERJUN MATARU, POTENSI WISATA TERPENDAM DI PEDALAMAN PULAU ALOR

186
×

AIR TERJUN MATARU, POTENSI WISATA TERPENDAM DI PEDALAMAN PULAU ALOR

Sebarkan artikel ini
Elia Maruli., SE.MM.
Elia Maruli., SE.MM.

Oleh: Elia Maruli., SE.MM.

Air terjun Taman Mataru merupakan satu-satunya air terjun tertinggi di Kabupaten Alor dari sekian air terjun yang memang belum dijajaki. Air terjun Taman Mataru terletak di Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jarak tempuh dari Ibu Kota Kecamatan (Kaluanan) lokasi wisata air terjun dari Kalunan sekitar 5 km sedangkan jarak dari Kalabahi (ibu kota Kabupaten Alor) sekitar 45 km, terkait jaringan internet ibu kota kecamatan sudah terkoneksi dengan jaringan 3G maupun HSUPA-HSDPA. Untuk bepergian ketempat wisata air terjun Taman Mataru dapat menggunakan transportasi darat dengan membutuhkan dua jam dari kota kalabahi. Mata air yang dapat mensuplai debit air pada air terjun mataru berjumlah 9 sumber mata air. Tempat wisata air terjun Taman mataru setiap akhir pekan atau liburan selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing untuk sekedar berekreasi atau menghilangkan kepenatan dengan menikmati pemandangan air terjun sekaligus mandi, walaupun demikian jumlah kehadiran pengunjung kebanyakan tidak samapai pada lokasi air terjun karena jalan masuk ke tempat wisata air terjun yang terjal dan tidak dapat di jangkau dengan kenderaan roda dua maupun roda empat dengan jarak sejauh 2 km dari pusat Desa Taman Mataru.

Selain itu, di lokasi seputar tempat wisata, tingkat pengamanan dan kenyamanan belum tertata sehingga cenderung kehadiran pengunjung hanya sebatas orang dewasa, mereka tidak berani membawa serta keluarga karena alasan tersebut.

Terkait dengan konsep pengembangan, tempat wiasata Air terjun Taman Mataru walaupun memiliki potensi yang besar untuk mendatangkan kesejahtraan masyarakat di sekitarnya bahkan pendapatan daerah, tetapi terkesan dibiarkan terlantar karena keterbatasan SDM di sekitar lokasi Air Terjun dalam hal mengelolah baik manajemen administrasi, organisasi, keuangan, penataan dan juga pemeliharaan lingkungan seputaran sumber mata air yang mensuplai mata air ke lokasi air terjun Taman Mataru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://gawai.co/docs/pkv-games/ https://gawai.co/docs/dominoqq/ https://gawai.co/docs/bandarqq/