METRO

GETAPU, CARA LURAH NUSA KENARI MENATA KAMPUNG

127
×

GETAPU, CARA LURAH NUSA KENARI MENATA KAMPUNG

Sebarkan artikel ini
Bay M. Yeverson Kilaka Kepala Kelurahan Nusa Kenari
Bay M. Yeverson Kilaka Kepala Kelurahan Nusa Kenari

Kalabahi, deticalor. Com- Kepala Kelurahan Nusa Kenari, Bay M. Yeverson Kilaka di temui deticalor.Com di Ruang Kerjanya, Selasa (21/03/2024) mengatakan Keluruhan Nusa Kenari dengan Program, Gerakan Menata Kampung (Getapu) mulai dilakukan pada Tahun 2023.

Sosok yang akrab disapa, Boby ini mengatakan Program Getapu dilakukan dalam beberapa item kegiatan seperti program pembersih drainase di beberapa ruas jalan karena bila tidak dibersihkan maka saat musim hujan akan terjadi banjir yang berakibat pada penumpukan sampah dan genangan air di beberapa ruas jalan, drainse di ruas jalan samping Kantor Pajak dan sekitarnya. Ada saluran yang selama ini tidak di manfaatkan secara baik yaitu di samping barat SD GMIT 02 Kalabahi, kami sudah normalisasi dan sudah dimanfaatkan,ujar Boby yang juga mantan Kasi trantib Kelurahan Welai Timur ini.

Sejak dilantik menjadi Lurah di Kelurahan Nusa Kenari pada 29 Desember 2022 mantan ajudan Bupati Alor ini langsung melakukan program penataan saluran air sehingga saat hujan tidak ada lagi penumpukan sampah dan genangan air pada ruas jalan tertentu.

Dia mengatakan dalam proses perbaikan drainse maupun perbaikan jalan krlurahan dapat sumbangan sukarela masyarakat. Ada saluran yang selama ini tidak dimanfaatkan yaitu saluran samping Timur Kantor Pajak dan Kejaksaan Negeri Kalabahi. Saluran ini telah diperbaiki dan sudah dialiri air saat banjir.

Beban saluran drainase di Kelurahan Nusa Kenari saat hujan menampung debit air dari beberapa titik, seperti dari SD Hombul dan Gereja Shalom Sawah Lama, juga dari arah kampung Baru seputaran rumah almarhum Opa Kaat.

Faktor lain penyebab terjadinya penumpukan sampah yaitu instalasi pipa dari PDAM yang tidak rapi sehingga saat banjir terjadi penumpukan sampah “ucap Boby yang juga matan Anggota Polisi Pamong Praja (Pol PP)

Ada pembangunan ruas jalan sepanjang 200 meter dari Jalan Adiyaksa ke kantor lurah. Rabat jalan dari kantor lurah ke arah timur menuju pertigaan depqn rumah ibu Dewi Odja. Ada juga peningkatan mutu jalan lapen ke hotmix di beberapa ruas jalan di beberapa RT. Kami berharap pemerintah dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum bisa bantu tambal ruas-ruas jalan dan saluran drainase yang rusak di samping pembangunan normalisasi kali lipa dan kali Kalabahi di samping DMP Negeri 1 dan SMA Neger 1 Kalabahi,”kata Boby.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://gawai.co/docs/pkv-games/ https://gawai.co/docs/dominoqq/ https://gawai.co/docs/bandarqq/