KOTA KUPANG

Peringati Grebeg Suro Komunitas Kontak Kerukunan Sosial Kota Kupang Gelar Kegiatan Jalan Santai.

41
×

Peringati Grebeg Suro Komunitas Kontak Kerukunan Sosial Kota Kupang Gelar Kegiatan Jalan Santai.

Sebarkan artikel ini
Peserta jalan santai
Peserta jalan santai

Ketua K2S Kota Kupang, dr. M Ihsan kepada tim ME, di sela-sela kegiatan Jalan Sehat yang mengambil start dari halaman Kantor Walikota Kupang, menjelaskan
Kegiatan Grebek Suro, sudah merupakan agenda dua tahunan bahwa warga Jawa di Kota Kupang melaksanakan kegiatan tradisi budayanya berupa Grebeg Suro. Sebelum puncak kegiatan ini, biasanya diawali dengan rangkaian kegiatan pendahuluan yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.
dr. Ihsan mengatakan , pada malam 1 Suro kita adakan malam tirakatan dan doa bersama yang dihadiri tiga pemuka agama dari Islam, Protestan dan Katolik dan di tandai dengan pemotongan tumpeng dan malam ini juga di lakukan arak arakan budaya jawa dengan kroyokan gunungan hasil bumi ,yang menandakan betapa besar kekayaan hasil bumi yang bisa di nikmati oleh seluruh kalangan .

“pada rangkaian kegiatan Grebeg Suro kami menyelenggarakan Jalan sehat dan pada puncak kegiatan Grebeg Suro yang nanti akan kami rangkaikan dengan acara pentas seni pada malam harinya.Kegiatan Grebeg Suro ini memang sesuai tradisi Jawa yang mempunyai makna dimana, mereka kembali merefleksi keberadaan mereka di muka bumi ini. Seluruh warga Jawa merenungkan apa yang dibuat selama ini. Tradisi Grebeg Suro merupakan budaya yang diwariskan pertama kali dilakukan di Ponorogo,” jelas Ihsan.

Sementara dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Grebeg Suro, Soponyono menjelaskan, jalan sehat yang dilepas sesepuh K2S, Sumadi diawali dari Kantor Walikota Kupang menuju Lippo lalu melewati Taman Nostalgia ke Gedung DPRD Kota Kupang dan berakhir kembali di Kantor Walikota Kupang.
” pada dasarnya Grebeg Suro ini tidak ada perbedaan satu sama yang lain. Kami memaknainya sebagai sarana pesta rakyat,ajang silahturahim warga Jawa di kota Kupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *